Kala itu libuaran UAS hamper usai. Sudah menjadi rencana kalau pengen beli buku bacaan baru untuk menambah referensi. Em.. akhirnya menemuka juga buku yang menarik perhatin ku, yang berjudul “Hafalan Buyar Tanda Tak Pintar” dari Ibnul Jauzi, em… menarik. Setelah dibaca memang bener-bener manarik banyak kisah-kisah para sahabat yang luarbiasa pintar, yang mungkin bisa menjadi inspirasi kita.

Teknik Meningkatkan Daya Ingat

1. Teknik Memori

Teknik memori adalah teknik memasukkan informasi ke dalam otak yang sesuai dengan cara kerja otak. Jika metode yang digunakan sejalan dengan cara otak beroperasi dan berungsi, maka hal itu akan meningkatkan efektifitas dan efisiensi otak dalam penyerapan dan meimpan informasi.

Namun, bagaimana cara kita memasukkan informasi ke dalam otak menurut cara yang sesuai dengan kerja otak? Berikut ini hal yang sangat disukai otak. Semakin kita bisa menggunakan poin berikut ini, akan sangat maksimal daya resap dan kemampuan mengingat kita.

Otak sangat suka hal yang bersifat:

  1. Tidak masuk akal / ekstrem berlebihan
  2. Penuh warna
  3. Multi sensori (melibatkan lebih dari satu pancaindra)
  4. Lucu
  5. Melibatkan emosi
  6. Melibatkan irama
  7. Tindakan aktif
  8. Gambaran tiga dimensi dan hidup atau aktif
  9. Menggunakan asosiasi
  10. Imajinasi
  11. Simbol
  12. Nomor dan urutan

Teknik ini menuntuk kekrestifan kita dalam berimajinasi.

2. Teknik Rantaian Kata

Sesuai dengan namanya, maka teknik ini adalah teknik menghafal kata-kata mengan merangkainya menjadi sebuah alur carita.

Jika sesuatu yang ingin kita hafal berupa kata-kata abstrak, seperti: lucu, gembira, malu, sedih, atau yang lainnya, maka kata-kata tersebut handaknya divisualisasikan.

3. Teknik Plesetan Kata

Teknik ini menuntuk kekreativitas kita untuk bisa berhasil dengan baik. Dalam teknik ini kita menggantikan kata sulit yang ingin kita hafal dengan kata lain yang bunyinya mirip dan lucu. Teknik ini sangat membantu kita untuk menghafalkan kata-kata asing, contohnya ibukota Mongolia, Ulan Bator, maka cara menghafalnya dengan plesetan kata “mogok kuliah ulangan batal”.

4. Teknik Kata Kunci

Teknik kata kunci digunakan untuk mengingat data berupa kalimat panjang. Daripada menghafal kalimat yang panjang dan membosankan, kita mencari kata utama yang ada dalam kalimat itu dan hungubahnya kedalam bentuk gambar yang lucu dan menarik. Ingatlah selalu bahwa otak kita menyimpan gambar dan arti, bukan teks dan huruf.

(Genius Learning Strategi karya Adi W. Gunawan Terbitan PT. Gramedia Pustaka Utama)

Tips Memperbaiki Memori Otak

1. Tidur Cukup

Tanpa tidur malam yang nyenyak, kita akan merasa lelah dan konsentrasi melemah. Dalam buku “Power Sleep”, Dr. James B. Maas, professor psikologi dari Cornell University menulis “…..tidur memegang peranan penting untuk memudahkan penimpanan daya ingat dan mempertahankan memori. Tanpa tidur, kesehatan mental terganggu”.

2. Latihan Daya Ingat

Mind Mapping (peta pikiran) adalah latihan yang sempurna untuk melatih daya ingat. Mind Mapping adalah sistem penggunaan image atau gambar yang digunakan untuk mewakili bahan-bahan yang akan dipelajari atau akan dihafal.

3. Hidup Sehat

Menurut psikologi pendidikan, Poom Cosiew Win, apa yang kita konsumsi sangat penting, karena sangat berpengaruh pada kemampuan otak dalam menyimpan informasi. Inilah rekomendasinya:

  • Minumlah air minimal delapan gelas sehari

Air berfungsi menopang sistem memori, khususnya pada orang tua. Kekurangan air dapat mengakibatkan kebingungan dan kesulitan pikiran lainnya.

  • Nutrisi yang cukup

Vitamin yang pentinting untuk kinerja memori, seperti: tiamin, folicacid dan vitamin B12 dapat ditemukan pada roti, sereal, sayuran dan buah-buahan. Ekstra tumbuhan Ginko Biloba terbukti mampu meningkatkan daya ingat mereka yang berusi setengah baya hingga tujuh persen.

  • Hindari komsumsi alKohol

Minum alkohol secara regular dapat mengganggu memori jangka pendek. Sehingga hal yang sepele, seperti menaruh kacamata juga akan lupa.

  • Kurangi kafein

Kopi dan the memang dapat membuat orang terjaga, semakin banyak meminumnya, maka semakin lama terjaga. Jika seseorang banyak terjaga, maka dia akan kurang banyak tidur. Dan kita tahu bawa kurang tidur itu mempengaruhi otak.

  • Tidak merokok

Merokok dapat meurangi jumlah oksigen di dalam otak, sehingga mempangaruhi fungsi memori. Sebiah tes membuktikan bahwa mereka yang menghabiskan satu bungkus rokok sehari mengalami kesulitan mengingat wajak dan mana disbanding dengan non-perokok.

4. Obat-obatan

Pil penenang, penenang atot, pil tidur dan anti kecemasan mengandung diazepam dan lorazepan, yang dapat mempengaruhi daya ingat dan memicu depresi.

5. Rangsang Ingatan

Memaksimalkan daya ingat dapat dilakukan dengan belajar keahlian baru. Hal ini bisa merangsang saraf-saraf otak untuk berkembang.

6. Beri Perhatian

Konsentrasilah pada hal yang anda anggap paling penting dan bawa sampi tidur. Revisi kembali keesokan harinya, saat memori pada puncaknya. Lakukan seminggu kemudian. Cara ini akan meningkatkan daya ingat. Lakukan hal ini empat kali dalam sebulan. Jika anda sudah melakukan lima kali, tiga bulan kemudian in formasi ini akan tersimpan dalam ingatan anda.

7. Hubungkan fakta pada imajinasi

Memori bekerja lewat hubungan. Maka cipatakan hubungan antara informasi dengan teknik menghafal.

8. Terorganisasi

Lingkungan kerja yang berantakan menyulitkan kita untuk menemukan dan mengingat benyak hal. Catat tugas dan janji penting dalam agenda. Ini akan  membantu anda meningkatkan hafalan kecil.

(Pusat Pengembangan Potensi Otak, MOX Racall, The Basis of All Learning http://www.maximumrecall.com)