Pengertian CRM (Costumer Relationship Management) adalah usaha sebuah perusahaan untuk berkonsentrasi menjaga pelanggan (supaya tidak lari ke pesaing) dengan mengumpulkan segala bentuk interaksi dengan pelanggan, merupakan sebuah strategi bisnis menyeluruh menyeluruh dari suatu  perusahaan yang memungkinkan perusahaan tersebut secara efektif bisa mengelola hubungan dengan para pelanggan.

Manfaat yang diberikan oleh Sofware CRM

1. Bidang penjualan

Membawa produk ke pasar dengan lebih cepat dengan informasi yang lebih baik, adanya data mengenai pembelian oleh pealnggan, sampai intregasi dengan aplikasi tertentu untuk keperluan perencanaan yang lebih baik. Denganb kemanpuan tersebut, maka akan hambatan waktu, geografis, sampai ketersediaan sunber data dapat dikesampingkab untuk mempercepat penjualan produk.

2. Pemasaran

Dengan profil yang lebih jelas, perusahaan akan lebih mudah untuk melihat kebutuhan yang berbeda dari setiap pelanggan. Informasi ini tentu saja akan memudahkan perusahaan untuk memberikan penawaran tentang produk dan layanan yang disesuaikan kebutuhan mereka. Dengan tingkat kebutuhan yang dipetakan, perusahaan juga dapat memberikan komunikasi pemasaran terpadu yang lebih personal dan customized. Pelanggan akan merasa diperlukan secara individual yang tentu saja akan memberikan pengalaman yang lebih menarik dan mendukung proses kepuasan pelanggan. Dan juga untuk jangka panjang adalah untuk mencapai layalitas pelanggan untuk terus memakai produk atau layanan perusahaan.

3. Pemenuhan pesanan

  • Transaksi tersama mudah dan tidak memerlukan banyak waktu.
  • Menguntukan bagi pengusaha dan pelanggan.

4. Layanan dan dukungan untuk pelanggan

  • Berbagi pengalaman kepada pelanggan
  • Memberi informasi baru kepada pelanggan
  • Memonitoring proses pengiriman pesanan pelanggan
  • Meningkatkan hubungan dengan pelanggan yang telah ada