Internat menjadi model bisnis, saat ini masih banyak pengusaha yang dibuat repot berangkat ke kantor tiap pagi. Meraka harus berkordinasi dengan staf tentang strategi marketing yang akan dijalankan. Bayangkan jika terjadi setiap hari tentunya akan sangat merepotkan. Karena itulah perlu mancari model bisnis yang lebih fleksibel. Yaitu dengan memanfaatkan internet

Dengan munculnya internet, mengubah cara berbisnis, tidak saja memudahkan dan mengefisienkan perusahaan juga dapat berinteraksi dengan customer maupun seluruh relasi. Dampak internet terhadap startegi marketing, penggunaan internet mampu mempercepat informasi perkembangan produk baru, sehingga lebih cepart diluncurkan ke pasar untuk mengimbangi kecepatan trend pasar. Dampak lain juga dapat dirasakan, seperti kemudahan-kemudahan dalam mencari sumber bahan produksi.

Teknologi internet memungkinkan kita untuk melakukam aktifitas selama 24 jam secara terusmenerus, batas antar Negara menjadi sempit, bahkan batas waktu pun menjadi hilang. Penggunaan teknologi internet memungkinkan bekerja melampaui rantai-rantsaai bisnis yag dalam Era Ekonomi Lama cukup panjang, birokratis dan mahal. Internet mampu mengubah pola bisnis secara radikal, yang memungkinkan setiap perusahaan memiliki akses usaha dalam skala internasional.

Internet membri peluang alam memasuki kelas baru model bisnis untuk pengiriman atau pelayanan. Beberapa pertimbangan yang digunakan para pengusaha dalam menentukan bisnisnya.

  • Penyedia Akses Internet (Internet Access Provider).
  • Portal akses internet yang menyediakan informasi yang berfariasi seperti pencarian berita.
  • Penyedia Informasi (Information Content)
  • Jasa eceran Online (Online Relation)
  • Pembuat Transakasi (Transaktion Enablers)
  • Pencipta Pasar (Market Makres)

Kemajuan teknoligi, komputer, dan telekomunikasi mendukung perkembnagan teknologi internet. Denagan internet pelaku bisnis tidak lagi mengalami kesulitan dalam memperleh informasi apapun, untuk menunjang aktivitas bisnisnya, bahkan sekarang cenderung memperoleh berbagai macam informasi, sehingga informasi harus disaring untuk mendapatkan informasi yang tepat dan relevan. Hal tersebut mengubah abad informasi menjadi abad internet.

Penggunaan internet dalam bisnis berubah fungsi sebagai alat pertukaran informasi secara elektronik menjadi alat untuk aplikasi strategi bisnis, seperti: pemasaran, penjualan, dan pelayanan pelanggan. Pemasaran di internet cenderung menebus berbagai rintangan, dan tanapa aturan-aturan yang baku. Sedangkan pemasaran konvensional, distributor, lembaga penjamin, importer, dan lembaga bank. Pemasaran di internet sama dengan direct marketing, dimana konsumen berhubungan langsung dengan penjual, walaupun penjual berada di luar negeri.

Pengguna internet dalam bisnis mengalami perkembangan, dari pertukaran informasi secara elektronil ke aplikasi strategi bisnis. Internet mendukung komunikasi dan kerja sama global antara pegawai, konsumen, penjual, dan rekan bisnis yang lain. Internat memungkinkan orang dari organisasi atau lokasi yang berbeda bekerja sama sebagai satu time virtual untuk mengembangakan, memproduksi, memasarkan, dan memelihara produk atau pelayanan. Dengan internet memungkinkan aplikasi Electronic Commerce (EC) dapat digunakan pada jaringan global, dan biyasanya dilengakapi dengan aplikasi pemrosesan pemasaran secara On-line, Electronic Data Interchange (EDI) untuk mengirim dokumen bisnis, dan keamanan sistem pembayaran Electronic Funds Transfer (EFT).

Keuntungan yang diperoleh dari berbisnis lewat internet adalah penghematan biaya. Keungulan strategi bisnis dalam strategi dalam memenangkan kompetisi yang dapat diperoleh adalah komunikasi global dalam bisnis menjadi benar-benar hidup, lebih cepat, murah, dan mudah. Komunikasi interaktif sebagai sarana untuk menunjukkan perhatian perusahan kepada konsumennya, menyediakan informasi dan pelayanan sesuai dengan kebutuhan masing-masing konsumen mengingkatkan kerja sama.

Keuntungan-keuntungan berbisnis internat lebih mudah dan cepat.

  1. Biaya awal yang sangat murah
  2. Cara memulai yang mudah
  3. Pasar yang sangat besar
  4. Dapat dilakukan dimanapun
  5. Keuntungan yang cukup tinggi
  6. Tanpa karyawan
  7. Waktu yang sangat Fleksibel

Kesimpulan

Internet dalam bisnis dapat digunakan bukan hanya sekedar untuk pertukaran informasi, catalog produk, media promosi, dan surat elektronik saja. Tetapi juga bisa digunakan untuk berdialog, berdiskusi, dan konsultasi dengan konsumen secara on-line, bulletin boards, kuesioner elektronik, mailing list. Sehingga konsumen dapat dilibatkan secara proaktif dan interaktif dalam perancangan, pengembangan, pemasaran, dan penjualan produk. Pemasaran lewat internet ada dua metode, yaitu Push dan Pill Marketing.