Internet telah membawa revolusi dunia komputer dan dunia komunikasi yang tidak pernah diduga sebelumya. Penemuan telegram, telepon, radio, dan komputer merupakan rangkaian kerja ilmiah yang menuntun menuju terciptanya Internet yang lebih terintegrasi dan lebih berkemampuan dari pada alat-alat tersebut. Internet memiliki kemampuan penyiaran ke seluruh dunia, memiliki mekanisme diseminasi informasi, dan sebagai media untuk berkolaborasi dan berinteraksi antara individu dengan komputernya tanpa dibatasi oleh kondisi geografis.

Sebuah rekaman yang menerangkan bahwa interaksi sosial dapat dilakukan juga melalui sebuah jaringan komputer terdapat pada seri memo yang ditulis oleh J.C.R Licklider dari MIT (Massachusent Institusi of Tecnology) pada bulan Agustus tahun 1962. Dalam memo tersebut diuraikan konsep Galactic Network.

Pada tahun 1966 Robet, mengembangkan konsep jaringan komputer dan dengan cepat merumusakan rencananya untuk ARPANET, yang dipublikasikan pada tahun 1967.

Di tahun 1950-an ketika jenis komputer mulai membesar sampai tecipta superkomputer, maka sebuah komputer harus melayani beberapa terminal untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System), dan untuk pertama kali terbentuklah jaringan (Netwok) komputer pada lapisan aplikasi.

Pada tahun 1957 Advanced Resarch Projects Agency (ARPA) dibentuk olah Departemen of Defence (Do) USA. Pada tahun 1967 desain awal dari ARPANET diterbitkan dan tahun 1969 DoD menggelar pengembangan ARPANET deangan mengadakan reset untuk menghubungkan sejumlah kompute sehingga membentuk jaringan arganik.

Memasuki tahun 1970-an, sudah lebih dari 10 komputer berhasil dihubungkan sehingga komputer-komputer tersebut bisa berkomunikasi satu sama lain. Tahun 1972 Roy Tomlison berhasil menyempurnakan program e-mail yang Roy ciptakan satu tahun sebelumnya unutk ARAPANET. Program ini mudah dan langsung populer dengan memperkenalkan ikon @ yang berarti ”at” atau ”pada”.

Tahun 1973 jaringan komputer ARPANET berkembang luas keluar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama di luar USA yang menjadi anggota jaringan ARPAMET. Pada tahun yang sama.

Pada tahun 1979 Tom Truscott, Jim Ellis, dan Stiven Bellovin menciptakan newgroup pertama yang di beri nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan baru dengan meluncurkan telepon TV pertama, dimana orang bisa menelphone sambil melihat larwan bicaranya melalui vidio link.

Pada tahun 1984 diperoleh Domain Name System (DNS) yang merupakan sistem penaman masing-masing komputer yang terhubung jaringan. Telah terhubung lebih dari 1000 unit komputer hingga tahun 1984 itu dan pada tahun 1987 komputer yang terhubung melebihi angka 10.000 unit.

Pada tahun 1988 Jarko Oikarimen dan Finland menemukan dan memperkenalkan IRC dan setahun kemudian jumlah komputer yang terhubung melonjak 10 kali lipat.

Pertengahan tahun 1990 merupakan tahun yang bersejarah, ketika Tim Bermes Lee merancang sebuah program editor dan brouser yang dapat menjelajai komputer yang satu dengan yang lainnya dengan membentuk jaringan. Program inilah yang disebut WWW atau World Wide Web.

Muhammad Ihsan dari bogor yang di awal tahun 1990-an di dukung oleh pemimpinya Ibu Adrianti dalam kerjasama dengan DLR (NASA-nya Jerman) mencoba mengembangkan jaringan komputer menggunakan teknologi packet radio pada band 70cm dan 2m. Jaringan tersebut dikenal sebagaiJASIPAKTA dengan dukungan DRL Jernman. Protkol TCP/IP di operasikan di atas protokol AX25 pada infrastuktur packet radio.

Tahun 1992, komputer yang saling tersanbung membentuk jaringan sedah melampaui lebih dari satu juta komputer. Pada tahun yang sama muncul satu instilah yang beken, yaitu surfing (menjelajah).

Suryono Adisoemarta N5SNN di akhir 1992 mencoba mengembangkan gateway radio paket di ITB.

Tahun 1994, situs-situs Dunia muali tumbuh dengan subur.