Duh Arya nih yang lagi kedanan dengan yang namanya info pemrograman. Ya bagus….bagus semangat terus yea🙂 seolah pepatah berkata weting iso jalaran soko kulino heehee Arya bisa jawa tho?? Kan orang java, jawa kamsud nyaaa heee….

Sekarang waktunya bagi-bagi info tentang Macam-macam Pemrograman, kan kemaren udah tentang sejarahnya😀


Pemrograman Sistem Operasi

Pemrograman untuk membangun sistem operasi memang relative jarang dilakukan oleh umum. Salah satu pemrograman yang terkenal berhasil membangun sebuah sistem operasi adalah Linus Benedict Torvalds.


Linux dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman C. hal tersebut bisa diketahui karena Linux bersifat open source, sehingga source kodenya bisa dibaca oleh siapapun. Sistem operasi lain yang bersifat proprietary-Windows misalnya-tidak diketahui dengan pasti dibangun dengan bahasa apa walaupun beberapa sumber mengatakan dibangun dengan Assembler.


Bahasa pemrograman C rupanya menjadi favorit untuk membangun sistem operasi. Belakangan muncul sistem operasi baru bernama ReactOS yang juga bersifat open source dan dibangun dengan menggunakan bahasa C.


Keunukan dari ReactOS, dirancang untuk kompatibel dengan Windows. ReactOS memang belum memasuki pasa karena masih dalam tahap pengembangan.

Pemrograman Aplikasi

Bebepara aplikasi yang berjalan di suatu sistem operasi tentu saja dibangun dengan bahasa pemrograman. Aplikasi yang dihasikan bisa bermacam-macam, mulai dari editor teks, image viewer, pemutar VCD, bahkan sampai dengan aplikasi-aplikasi berat semacam aplikasi perkantoran, pengolahan gambar, pengolahan foto, dan masih banyak lagi.

Pemrograman Web

Pemograman web pada dasarnya digunakan ntuk mendisain halaman situs web yang dinamis dan interaktif. Suatu halaman web di bangun dengan menggunakan HTML, perlu digaris bawahi bahwa HTML bukan bahasa pemrograman. HTML hanyalahmelakuakn markup (penandaan) pada suatu teks sehingga akan menghasilkan format tertentu apabila dibaca oleh browser. Sebabnya HTM hanya bersifat statis.


Pemrograman web didesain untuk dapat mengubah-ubah output HTML tersebut sehingga tidak lagi statis melainkan menjadi dinamis. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk pemrograman web adalah ASP, PHP, JSP, VBScript, dan Java Script.

Pemrograman Basis Data

Ada dua jenis pemrograman basis data (database). Pertama, menggunakan bahasa pemrograman yang dikombinasikan dengan server basis data. Bahasa pemrograman yang diguanakan, misalnya Java, Visual Basic, Delphi, dan PHP. Server basis data yang digunakan juga bermacam-macam, misalnya SQL Sever, MySQL, dan PostgreSQL. Koneksi yang dilakukan oleh bahasa pemrograman ke server basis data juga tersedia dalam berbagai bentuk. Salah satunya yang paling umum adalah menggunakan ODBC (Open DataBase Connectivity). Ada juga bahasa pemrogaraman yang secara alami mendukung koneksi ke basis data tertentu, isalnya PHP dengan MySQL.


Kedua menggunakan suatu aplikasi yang memang digunakan untuk pemrograman basis data. Bahasa pemrograman yng digunakan adalah Microsoft Access, Foxpro, dan dBase.


Sekalipun memiliki bahasa pemrograman tersendiri, aplikasi-aplikasi basis data tersebut umumnya mendukung penggunaan bahasa SQL (Structured Query Language). Ibarat bahasa komunikasi manusi, SQL adalah bahasa Inggris yang diakui sebagai bahasa internasional.


Bahasa SQL mulai dirancang pada tahun 1970 oleh IBM ketika pada tahun yang sama dikembangakan RDBMS (Relation Data Base Management System). Dikembangakan oleh Edgar F. Codd pada sebuah seminar.

Pemrograman Game

Pemrograman Game adalah pemrograman yang paling rumit. Sebuah game harus memiliki konsep cerita yang jelas dan menarik. Pemrograman game harus menggabungakan seluruh pustaka dan API (Applikation Progreming Interface). Bahasa pemrograman yang paling populeh game adalah C++, menyusul di tempat kedua adalah Java dan C. sifat orentasi objek dan compiler dari bahasa-bahasa tersebut mendukung untuk pemrograman game.


Namun bekan berarti bahasa pemrograman lain tidak mendapat tempat. Jika game yang dibuat adalah game sederhana, maka bahasa pemrograman seperti Visual Basic dapat digunakan untuk menciptakan game.


Belakangan muncul sebuah perangakat lunak animasi yang sangat popular, yaitu Adobe Flase (dulu Macromedia Flash). Flash dilengkapi dengan ActionScript, sebuah bahasa pemrograman yang secara spesifik gdigunakan oleh Flash untuk membangun animasi yang lebih dahsyat.


Wah banyak banget ya…. Jadi bingung ni mo mendalami yang mana? coZ keren….keren semua je…?? Semoga bisa jadi tambahan pengetahuan yea🙂