Momen pindahan ku kemarin, membuat ku menemukan sebuah buku majalah yang terbit sudah begitu lama. Tahu gak majalah itu sangat keren yang mengulas secara cantik mengenai Bahasa Pemograman di era 90-an. Mari  kita belajar bersama untuk menambah ilmu dan pengetahuan🙂

Java

Java dikembagkan oleh riset di Sun Microsystem. Pemrograman Java boleh di bilang mirip dengan C++. Java didesain untuk menjadi sample dan portable. Menurut para pengembangnya, Java didesain untuk menjadi bahasa yang berorientasi objek, kuat, aman, tidak tergantung arsitektur prosesor tertentu, portebel, berperforma tinggi, dan dinamis.

Demi keamanan, para perancang Java tidak memasukkan fitur pointers, inheritance ganda, operator overloading, dan micro-preprocessor.

Pertama kali dikembangkan, Java bernama Oak. Namun dirasa nama Oak kurang cocok. Para pengembang lalu  brainstorming. Konon brainstorming tersebut diadakan di sebuah kedai kopi dan mereka memesan kopi jawa. Kareana terkesan dengan rasa kopi tersebut, maka nama Java pun diambil sebagai nama bahasa pemrograman yang mereka kembangkan. Orang-orang yang teribat dalam pengembanganya, yaitu James Gosling, Arthur Van Hoff, dan Andy Bechtolsheim. Logo Java adalah secangkir kopi panas.

Python

Python, diciptakan oleh Guido Rossum untuk berjlan di atas platform sistem operasi Amoeba. Sekarang Python bersifat portebel. Bahkan belakangan lebih terkeanal sebagai bahasa pemrograman di atas platform sistem operasi Linux.

Visual Basic

Microsoft mulai menancapakan kukunya ke dalam dunia pemrograman, dimulai dengan liris Visual Basic pada tahun 1991. Bahasa Basic yang digunakan beda dengan dialek-dialek compiler Basic yang alin namun dibarengi dengan pemrograman secara visual.

Yang mendukung Visual Basic adalah kemampuanya untuk diperluas. Begitu banyak komunitas programmer yang mendisai control-kontrol ekstensi tersebut dalam bentuk Visual Basik Controls (VBXs) dan ActiveX Contrls.

Ruby

Ruby yang jelas bukan nama mascot kartu grafit, tetapi nama bahasa pemrograman. Ruby sangat mirip dengan perl, bedanya adalah pada cara pengolahan data. Perl memerluakan data numeris, string, list, dan hash sebagai tipi data built-in, sedangkan Ruby mengimplementasikan semuanya sebagai objek.

Delphi

Pada tahun 1995 lahirlah Delphi, sebuah lingkuangan pemrograman bersifat visual yang memiliki dasar bahasa pascal.

Delphi bahkan sempat menjadi bahasa pemrograman favorit para programmer pada akhir decade 90-an, entah kenapa-populasinya menurun drastis pada tahun 200-an hingga sekarang. Barangkali karena Aders Hejlsberg, pentolan programmer Delphi, diculik Microsoft untuk mengembangkan C#.

Dylan

Dylan dikemabangkan oleh Apple Computer pada tahun 1992. Dylan merupakan kependekan dari Dynamic Language. Sekalipun sintak Dylan merupan ide yang orisinal, namun secara garis besar strukturnya mirip dengan bahasa Scheme.

Walau ditunjukan untuk platform Macintosh, namun belakangan juga dapat digunakan di atas platform UNIX dan Windows.

JavaScript

Pada tahun 1994, Netscape merilis sebuah bahasa skrip bernama LiveScriprt. Netscape menginginkan adanya perilaku yang dinamis pada dunia web. Sun Microspystems, pengembang java, tertarik dengan kemampuan LiveScript. Sun dan Netscape kemudian berkerja sama dan mengebangkan LiveScript menjadi lebih hebat dan diberi nama JavaScript.

JavaScript sangat mirip dengan Java, namun lebih sederhana dan digunakan khusus pada web browser, tentunya browser keluaran Netscape.

Internet Explorer produk Microsoft juga mendukung JavaScript, namun dengan bahsa skrip modifikasi mereka sendiri yang diberi nama Jscript.

VBScript

Tak mau kalah dengan Netscape, Microsoft juga merilis sendiri sebuah bahasa skrip untuk web browser. Bahasa tersebut adalah VBScript. Walau telah dikembangkan sejak 1995, VBScript baru diliris bersama dengan Internet Explorer 3.0 pada tahun 1997. VBScript merupakan kependekan dari Visual Basic Scriping Edition, jadi jelas bahasa yang digunakannya adalah bahasa Basic dan ditujukan untuk pemrograman web. Satu-satunya browser yang digunakan VBScriopt adalah Internet Explorer.

ASP dan PHP

Pada pertengahan dekade 90-an mulai dirasan kerbatasan bahasa skrip yang digunakan oleh browser. Penyebanya adalah pengolahan dilakukan oleh klien (browser itu sendiri), buakan server. Maka dikembangkanlah bahasa skrip yang diolah di server. Sejak itu mulailah bermunculan server side scriping.

ASP (Active Server Pages) adalah ciptaan Microsoft, merupakan teknologi bahasa skrip di lingkuangan server yang dapat digunakan untuk membanagun halaman web yang interaktif dan membangun aplikasi web yang powerful.

Karena ASP lebih kea rah teknologinya bukan bahasanya, maka ada beberapa bahasa yang dapat digunakan. Bahasa skrip ASP yang umum digunakan adalah VBScript dan Jscript. Untuk dapat menjalankan ASP, diperlukan IIS (Internet Information Server).

PHP merupakan singkatan rekursif dari PHP Hypertext Preprocessor. Berbeda dengan ASP, PHP bukan merujuk pada lingkungan server side scripting, namun pada bahasa skrip itu sendiri. Bahasa skrip PHP menggunakandialek bahasa C.

C#

Sejauh ini, bahasa C# (bahasa : C sharp) adalah bahasa pemrograman termuda. C# dikembangakanoleh Microsoft dan pertamakali diajukan pada ECMA Standards Group sekitar pertengahan 2000. C# didesain untuk memiliki ketangguhan yang sama dengan C++ atau Java.

Nah, dengan mengetahui tentang bahasa pemrograman, semoga yang ber inspirasi untuk manjadi programmer, semangat terus yea… semoga bisa bermanfaat dan menambah motifasi temen-temen semua…🙂