1. OS Yaitu Operating System (sistem operasi)Fungsi Operating System Yaitu program ini akan memastikan penempatanprogram yang di butuhkan kedalam memori di saat yang tepat menangani operasi masukan dan keluaran yang mengijinkan,komputer untuk bekerja dengan periode panjang tanpa campur tangan manusia.

2. System Software adalah perangkat lunak yang di panggil lebih dahulu sehingga program aplikasi atau program lain dapat di jalankan di komputer yang bersangkutan.

3. Cross Platform Aplikasi adalah suatu aplikasi yang bisa di gunakan sibebepa sistem operasi

4. Booting adalah sebuah perintah untuk mengulangi operasi sebuah komputer dari awal.

5. User Interface adalah tampilan yang di lihat oleh user pada sistem operasi,tampilan ini si buat sederhana mungkin gunanya untuk memudahkan user dalam bekeraja.

6. GUI adalah (graphical user interface) sistem komputer yang menggunakan simbol grafik dan bukan text.microsoft windows dan macintosh merupakan contoh dari gui.

7. CGI adalah (commond gateway interface) standar untuk menghubungkan berbagai program aplikasi ke halaman web.cgi ini mirip sebuah program komputer yang menjadi perantara antara standar html yang menjadikan tampilan webdengan program lain misalnya program pencarian database.

8. Singel User/Multitasking adalah netode pengolahan media penyimpandata dalam sistem komputer.

9. Memory Management adalah metode pengolahan media penyimpanan data dalam sistem komputer.

10. Spooling (pada print) adalah kemampuan kompurter untuk mengendalikan peoses spemasukan dan pengeluaran,sementara pada waktu bersamaan mengerjakan tugas-tugas biasa.ataumengirimkan printjobs ke buffer dari pada langsung ke printer.

11. Pesonal Firewall adalah mendeteksi dan mengamankan personal komputer dari intruksi-intruksi yang tidak di kenal.

12. Disk Scanner adalah mendekteksi dan mengkoreksi masalah pada hard disk atau floppy disk.

13. Disk Defragmenter adalah mengatur ulang file file dan space yang tidak di gunakan pada harddisk sehingga program dapat berjalan lebih cepat.

14. Diagnostic Utility adalah melakukan menyusun imformasi secara teknik tentang haradware dan beberapa software.

15. Backup Utility adalah melakukan duplikasi file file yang dipilih atau seluruh hard disk ke disk atau tipe.

16. Screen Sever adalah tampilan desktop,menyebabkan layar monitor menampilkan gambar bergerak atau layar kosong apabila tidak ada aktifitas untuk beberapa waktu.

17. Windows XP adalah sistem operasi windows xp,buatan microsoft.

18. Mac OS adalah sistem operasi mac.

19. UNIX adalah sistem operasi unik,sistem operasi yang dipakai oleh oleh host internet.Beberapa sistem operasi berbasis unik adalah linuk free BSD,BSDI,solaris,DGUX,dll.

20. LINUX adalah sistem operasi open sourc yang di buat oleh linus torvalds,sistem operasi ini meruoakan pengembangan dari sistem operasi unil yang bisa di terapkan di komputer pribadi.

21. NOS (Network Operaing System) adalah perangkant lunak operasi yang khusus di pergunakan dalam sistem jaringan dengan komputer-komputer personal sebagai Workstation.

22. Embedded Operating System adalah merupakan sistem digital yang berupa bagian dari sebuah sistem yang lebih besar.
23. Symbian OS adalah sistem operasi simbian, biasanya ada di handphone (hp).

24. Virus adalah suatu program yang dapat menggandakan dirinya sendiri pada suatu sistem komputer.virus ini biasanya mempunyai aksi yang merusak dan cenderung merugikan pengguna komputer.

25. Antivirus adalah sebuah program yang khusus di buat untuk mendeteksi suatu disk terkena virus sekaligus menghilangkan virus tersebut dari dalam disk.

26. Spyware adalah program yang di tempatkan dalam komputer tampa sepengetahuan pengguna.

27. Malicous Software adalah seperangkat lunak yang sifatnya jahat.

28. Trojan adalah Virus yang menyerang dari dalam, atau suatu program virus yang tiba-tiba muncul kemudian kita diminta untuk menginstal sesuatu.

29. File Compression Utility adalah tool/software yang di pakai untuk melakukan kompresi file.

30. CD/DVD Burning adalah piringan optik yang berguna unutuk mengkopi file atau untuk menyimpan data.

31. Fiber Optic adalah kabel yang memiliki inti serat kaca sebagai sebagai saluran untuk menyalurkan sinyal-sinyal antar terminal, sering di pakai sebagai saluran back bone karena kehandalanya yang tinggi atau kabel optik.

32. GPS adalah (global positioning system)kumpulan dari 24 satelit yang mengitari bumi dan secara terus menerus mengirimkan isyarat,berguna untuk mengukur titik koordinat.

33. Modem adalah Modulator demodulator yaitu alat untuk berkomunikasi melalui saluran telpon dengan komputer lain yang jaraknya saling berjauhan,modem bertugas mengubah pulsa komputer(sinyal biner/digital)menjadi sinyal analog,sehingga dapat di kirim atau di terima melalui kabel telpon.

34. GPRS adalah (General Packet Radio Service)layanan komunikasi berbasis paket tanpa kabel sebagai media komunikasi.yang di gunakan untuk mentransfer data kecepatan tinggi maupun rendah dan signaling pada jaringan GSM.

35. 3G adalah(third-generation technolog) sosuli nirkabel yang bisa memberikan kecepatan akses sngat tinggi.

36. HSDPA adalah(High-speed Downlink Packet Access)sebuah protokol telpon genggam dan kadang kala di sebut sesbagai teknolgi 3,5G.

37. GSM adalah (Global System for Mobil Comunication)sebuah teknologi komunikasi selular yang bersifat digital.

38. CDMA adalah (code Division multiple access)sebuah bentuk pemultipleksan(bukan sebuah skema pemodulasia)dan sebuah metode akses secara bersama yang membagi kanaltidak berdasarkan waktu.

39. Switch adalah perangkat jaringan yang bekerja di lapisan data link,mirip dengan bridge,berfunsi menghubungjkan banyak segmen LAN ke dalam satu jaringan yang lebih besar.

40. Blog adalah website pribadi.

41. Chating adalah merupakan salah satu layanan yang didapat oleh pemakai komputer yang terhubung ke internet, yang dapat memudahkan pengguna komputer untuk berinteraksi dengan pengguna internet lainnya dalam mencari informasi yang diperlukan.

42. Web adalah layanan penyedia informasi di internet yang berbasis grafis.

43. HTTP adalah Hipertext Transfer Protocol,suatu protokol untuk menentukan aturan harus di ikuti oleh web browser dalam meminta atau mengambil suatu dokumen dan oleh web server dalam menyediakan suatu dokumen yang di minta.

44. Milis adalah suatu perkumpulan di internet untuk membahas suatu masalah.

45. Download adalah Proses pengambilan data dari komputer pusat ke sebuah komputer lokal, atau mengambil informasi dari komputer sama-sama terhubung ke internet.

46. Upload adalah kegiatan memindahkan/mengirim file dari komputer lokal ke komputer lain yang letaknya berjauhan,merupakan ke balikan dari dari proses download.

47. Deface adalah sebuah system yang berfungsi untuk mengganti halaman web site.

48. Hacker adalah Seseorang yang sengaja masuk/login ke komputer dengan melewati sistem pengamanan.hal ini dilakukan untuk mencari informasi penting atau merusak sistem komputer atau hanya menguji kemampuan membobol.

49. Cracker adalah istilah untuk orang yang memaksa masuk ke satu sistem komputer secara ilegal, terkadang meraka terganggu dan menimbulkan keruskan pada sistem yang dimasuki.

50. Data adalah kumpulan angka-angka maupun karakter-karakter yang tidak memiliki arti. Data dapat di olah sehingga menghasilkan sebuah informasi.

51. Informasi adalah dari pengolahan data dalam bentuk yang berguna, berarti bagi penerima.

52. Basis Data adalah sekumpulan file yang sangat terkait dan membentuk suatu bengun data .data base (basis data) minimal terdiri dari satu file yang cukup untuk di manipulsi oleh komputer sedemikian rupa.